Blog berbagi berbagai macam topik yang dirangkum menjadi sebuah artikel yang lebih ringkas dan mudah dipahami.

9/27/2017

Troubleshooting Kabel Jaringan UTP (RJ45)

Kabel UTP adalah salah satu kabel jaringan yang paling sering digunakan untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.
Agar jaringan satu perangkat ke perangkat lainnya dapat terhubung, kabel harus dirangkai / dikrimping berpasangan dengan konektor RJ45. Dalam hal ini, ada beberapa proses yang bisa membuat kabel UTP tidak dapat berfungsi, dan ini adalah beberapa indikasi masalah / trouble shooting yang biasanya terjadi.

IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang, masalah yang dapat diidentifikasikan diantaranya :
1.      Apa yang terjadi bila 8 buah kabel terpasang dengan baik
2.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin pertama tidak terpasang
3.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin kedua tidak terpasang
4.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin ketiga tidak terpasang
5.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin keempat tidak terpasang
6.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin kelima tidak terpasang
7.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin keenam tidak terpasang
8.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin ketujuh tidak terpasang
9.      Apa yang terjadi bila 1 buah kabel pada pin kedelapan tidak terpasang



ALAT DAN BAHAN

A.    ALAT
1.      Tang Krimping
2.      LAN Tester
3.      2 laptop atau komputer

BAHAN
1.      Kabel UTP
2.      Konektor RJ-45



PROSES PENGERJAAN
1.      Membuat Kabel Cross Over
Kabel cross over merupakan salah satu kabel pendukung jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer.

 


2.      Troubleshooting
Pada tahap ini, yang akan dilakukan pemutusan kabel adalah pada jalur kabel cross, dan kabel yang terpasang dengan straight tidak dilakukan pemutusan kabel.


1.      Jika 8 buah kabel terpasang dengan baik
Tidak ada masalah sama sekali karena semua kabel berfungsi dengan baik dan terpasang semua. Ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply”. Bisa digunakan untuk mengkoneksikan antar komputer dan sharing data.

2.      Jika 1 buah kabel pada pin pertama (1) tidak terpasang
Jika kabel pada pin pertama tidak terpasang, akan ada sebuah masalah, ketika di ping akan menghasilkan “Destination host Unrecable” dan juga saat sharing data tidak akan bisa digunakan karena dalam mengkoneksikan antar komputer saja tidak berfungsi.


3.      Jika 1 buah kabel pada pin kedua (2) tidak terpasang
Jika kabel pada pin kedua tidak terpasang, ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply” yang artinya koneksi terhubung dengan baik. Jadi ketika koneksi antar komputer terhubung dengan baik, antar komputer juga bisa melakukan sharing data.

4.      Jika 1 buah kabel pada pin ketiga (3) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin kedua, apabila kabel pada pin ketiga tidak terpasang, maka aka nada sebuah masalah. Ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Destination host Unrecable”. Sehingga tidak dapan dilakukan untuk sharing data karena dalam mengkoneksikan anatar komputer saja kabel tersebut tidak berfungsi.

5.      Jika 1 buah kabel pada pin keempat (4) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin ketiga, Jika kabel pada pin keempat tidak terpasang, ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply” yang artinya koneksi tetap terhubung dengan baik. Jadi ketika koneksi antar komputer terhubung dengan baik, antar komputer juga bisa melakukan sharing data.

6.      Jika 1 buah kabel pada pin kelima (5) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin ketiga, Jika kabel pada pin kelima tidak terpasang, ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply” yang artinya koneksi tetap terhubung dengan baik. Jadi ketika koneksi antar komputer terhubung dengan baik, antar komputer juga bisa melakukan sharing data.

7.      Jika 1 buah kabel pada pin keenam (6) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin kedua. Jika kabel pada pin pertama tidak terpasang, akan ada sebuah masalah, ketika di ping akan menghasilkan “Destination host Unrecable” dan juga saat sharing data tidak akan bisa digunakan karena dalam mengkoneksikan antar komputer saja tidak berfungsi.

8.      Jika 1 buah kabel pada pin ketujuh (7) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin ketiga, Jika kabel pada pin ketujuh tidak terpasang, ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply” yang artinya koneksi tetap terhubung dengan baik. Jadi ketika koneksi antar komputer terhubung dengan baik, antar komputer juga bisa melakukan sharing data.


9.      Jika 1 buah kabel pada pin kedelapan (8) tidak terpasang
Sama halnya dengan poin ketiga, Jika kabel pada pin kedelapan tidak terpasang, ketika di ping akan menghasilkan jawaban “Reply” yang artinya koneksi tetap terhubung dengan baik. Jadi ketika koneksi antar komputer terhubung dengan baik, antar komputer juga bisa melakukan sharing data.




KESIMPULAN
Dari beberapa troubleshooting yang telah dilakukan, telah dapat disimpulkan bahwa ada beberapa contoh masalah yang memang kabelnya tidak dapat digunakan lagi kecuali mengrimping ulang kabel, dan ada juga beberapa masalah yang kabelnya masih bisa digunakan karena fungsi Transmitte dan Receive masih terhubung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar